Daftar Blog Saya


Sabtu, 11 Desember 2010

Hmi Lintas Komiariat Jakarta Berunjuk Rasa di Depan Balaikota DKI Ricuh

09/12/2010 15:11
Hari Anti Korupsi diwarnai aksi unjuk rasa. Tak terkecuali di depan Kantor Gubernur DKI Jakarta. Bahkan puluhan mahasiswa yang mengatasnamakan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lintas Komisariat Cabang Jakarta sempat terlibat adu jotos dengan aparat keamanan.

Kericuhan ini bermula saat mereka berunjuk rasa menuntut pengusutan kasus penyelewangan APBD Pemrov DKI anggaran 2010. Puluhan mahasiswa memaksa masuk dengan mendorong gerbang yang telah terkunci. Alhasil, mereka berdesak-desakan berusaha meruntuhkan pertahanan aparat kepolisian yang berdiri di depan gerbang.

Namun seorang mahasiswa pingsan setelah terlibat aksi saling dorong. Hal ini membuat rekan-rekannya berusaha menolong sang mahasiswa, Kamis (9/12). Tiba-tiba terdengar teriakan dari para demonstran.

Mendengar teriakan itu, anggota kepolisian mengejar para demonstran dan aksi adu jotospun tak terhindarkan. Mahasiswa yang berteriak itu ditangkap dan dipukuli serta ditendang. Sementara beberapa polisi wajahnya terlihat terluka akibat sabetan bambu bendera.

Saat ini, aparat kepolisian dan para mahasiswa sedang berunding akar unjuk rasa diakhiri sehingga bentrokan fisik tak terulang kembali.

HMI berunjuk rasa menuntut pengusutan penyelewenangan dana APBD Pemrov DKI anggaran 2010 senilai Rp 24,7 triliun. Anggaran ini meningkat Rp 710 miliar dari APBD tahun lalu, yakni Rp 23,9 triliun.

Unjuk rasa di Istana Negara juga ricuh. Kericuhan terjadi ketika mahasiswa berusaha masuk ke istana. Akibatnya, sejumlah mahasiswa mengalami luka-luka. Seorang di antaranya mengalami patah jari tangan. Dalam aksi ini, mahasiswa minta pemerintah serius tangani kasus korupsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar